Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul Dan Nyi Roro Kidul

Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul Dan Nyi Roro Kidul

Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul Dan Nyi Roro Kidul


Nyi Roro Kidul yaitu sesosok roh atau dewi yang benar-benar populer di masyarakat Jawa dan Bali. Tokoh ini diketahui sebagai Ratu Laut Selatan dan disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul walaupun bagi beberapa kalangan keduanya berbeda. Asal Usul Nyi Roro Kidul pun memang sama dengan kanjeng ratu kidul, tapi mungkin banyak yang beranggapan sama.

Kanjeng Ratu Kidul dalam mitologi Jawa yaitu ciptaan dari Dewa Kaping Telu. Meskipun Nyi Roro Kidul awalnya yaitu seorang putri Kerajaan Sunda yang diusir karena ulah ibu tirinya. Namun dalam perkembangannya, hampie semua orang cenderung lebih menyamakan Nyi Roro Kidul dengan sosok Kanjeng Ratu Kidul. Nyai Roro Kidul diketahui dengan nama yang berbeda-beda dan mencerminkan banyak kisah berbeda menurut asal-masukan, mitologi, legenda, dan kisa turun-temurun. Tokoh ini umum dipanggil Ratu Laut Selatan dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

Pada tahun 1999 bulan Agustus di seluruh Koran nasional yang bertempatan di Jakarta memuat mengenai pembinasaan benda-benda pusaka dari Pengusaha Laut Selatan dan pengusiran terhadap Penguasa Laut Selatan oleh sejumlah pakar yang mengaku memiliki kemampuan dan dan pakar dalam metafisik serta sejumlah pakar ulama serta rohaniwan. Dipandu mereka menyebut Penguasa Laut Selatan yakni Nyi Roro Kidul.

Aku kemudian lalu berjumpa dengan seorang Kadang yang sudah menuliskan Surat terhadap Koran tersebut untuk dijadikan di Suara Pembaca, katanya tujuannya yakni untuk menetralisir opini selama ini berkembang: kaprah-kaprah ini kutipan isinya yang masih aku simpan;

Salam tenteram dan sejahtera
Aku amat berterima beri seandainya surat ini bisa diterbitkan. Aku ini menerangkan atau menjernihkan soal siapa Penguasa Laut Selatan. Selam ini masyarakat sudah keliru, sebab menganggap Peguasa Laut Selatan yakni Nyi Roro Kidul dan sebab perbuatannya karenanya 

Penguasa Laut Selatan menjadi amat menyeramkan bagi masyarakat tertentu.
Lewat surat ini berkeinginan aku menegaskan bahwa Penguasa Laut selata, ”sekali-kali” bukan Nyi Roro Kidul yang selama ini di ketahui oleh masyarakat, tetapi menlainkan ”Kanjeng Raru Kidul”. Dialah yang hakekatnya Penguasa Laut Selatan yang selama ini dimaksud, bukanlah Nyi Roro Kidul. Status dari Kanjeng Ratu Kidul yakni yakni Raja/Penguasa di laut selatan, padahal Nyi Roro idul yakni Patih Nya.

Dan selam ini musibah dan mara bahaya yakni ulah dari kenakalan Nyi roro Kidul, tetapi selama ini dianggap Penguasa Laut Selatan yang bikin ulah (seolah-olah seorang asisten menyalahgunakan nama tuannya)-(atau anak bikin ulah bapak yang namanya tercoreng. Red). Karenanya Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul yakni dua pribadi yang berbeda. 

Jadi tanpa mengurangi rasa hormat terhadap para guru, dukun, paranormal, atau apa saja sebutannya, yang mengatakan Penguasa Laut Selatan yakni Nyi Roro Kidul, agar direnungkan kembali sebab suatu kesalahan (aku menjamin).
 info yang bisa aku sampaikan, suatu saat aku akan menerangkan kenapa Kanjeng Ratu Kidul seolah-olah memperbolehkan patihnya berperilaku demikian dan asal usul serta misi dari Penguasa Laut Selatan.

Tidak ada komentar